Kerapu untuk Vitiligo??


Saya pernah baca dan dengar dari ibu saya bahwa ikan kerapu itu baik bagi penderita vitiligo. Tapi hal ini sangat bersebrangan dengan pendapat seorang dokter yang berdasarkan pantauan dia bahwa ikan itu dilarang dikonsumsi oleh kita. Uhm… coz viti itu erat hubungannya dengan alergi, nah mayoritas dari pasiennya mengalami alergi ikan, sehingga sebaiknya ikan dihindari. Termasuk ikan Kerapu kah??

Menurut sumber yang saya baca, ikan kerapu tergolong ikan ber mekuri tinggi, nah loh!! jumlah maksimal yang harus dikonsumsi orang adalah 3 kali dalam sebulan. Ga boleh lebih, cukup banyak efek yang muncul ketika orang mengkonsumsi makanan bermekuri tinggi apalagi ibu hamil, di health.detik.com disinggung bahwa ikan bermekuri tinggi

bisa menyebabkan gangguan perkembangan saraf (neurologis) pada janin, bayi dan anak-anak. Sedangkan dampak lainnya adalah mengganggu kemampuan kognitif, memori, perhatian, bahasa, motorik halus dan kemampuan visual spasial. Umumnya sistem saraf janin lebih rentan terhadap paparan merkuri dibanding saraf orang dewasa, karenanya ibu hamil sangat dianjurkan memilih konsumsi ikan yang tepat.

Selain efek tersebut, gejala keracunan merkuri yang muncul seperti penurunan kemampuan visual, gangguan dalam sensasi atau indera perasa (biasanya di tangan, kaki dan sekitar mulut), berkurangnya koordinasi gerakan, penurunan kemampuan bicara, mendengar, berjalan dan kelemahan otot.

so hati-hati toh yang “kerapu freaks” :D, ikan ini memang teksturnya lembut banget, enak, bau amis?? ya tergantung pengolahannya kali ya. Ikan ini sangat mahal harganya, dalam keadaan masih hidup range nya mulai dari 80 rb sampai ratusan ribu gitu. Peminatnya banyak sampai diekspor ke luar negeri seperti Hongkong, dll. Tapi saya pernah diberitahu teman bahwa harganya murah, kita sampe ke supermarket waktu itu yang di daerah Dago, lupa namanya. Hmm.., emang murah tapi beda jenis juga ini. So Kerapu mana dunks? Apakah kandungan semua jenis Kerapu sama? I dont think so…coz its based on habitat enviroment…wallahualam… :D :)

Sampai detik saya menulis ini saya masih gugling fakta kerapu itu bagaimana, sesuai jenisnya tentunya. Nanti deh bakal di update tulisannya jika saya sudah dapatkan fakta ilmiah si Kerapu ini. Saya sendiri sangat penyuka ikan, bagi saya biasanya ikan laut itu berasa sama, mirip mirip gitu mau dimasak apapun, atau gatau emang lidah saya yang ga bener :D, tapi Kerapu ini beda banget! lembut…..palagi di bumbu asam manis uhmmm…yummy… *padahal ini gw lagi puasa, hadohh berliurr ney lidah..xixixi*

Selain di asam manis ada beberapa caralain untuk mengolah ikan kerapu, saya sendiri belum nyoba, buat yang suka neh saya copas dari blog org, tapi ini insyaallah dimasak sehat, ini dia resep nya.

Kerapu Pedas

Bahan:

* 500 g ikan kerapu
* 1 sdm air jeruk lemon
* 1 sdt garam
* Merica

Bumbu yang diiris:

* 50 g bawang bombai
* 1 tangkai daun bawang, iris tipis memanjang
* 1 buah cabai kering

Bumbu gong bao/kung pao:

* 4 buah cabai kering, rendam, potong 2 cm
* 5 siung bawang putih, cincang
* 1 sdm minyak goreng
* 2 sdm sambal botol
* 1 sdm cuka hitam/air jeruk lemon
* 2 sdm saus tiram
* 1 sdm kecap asin
* 1 sdm gula pasir
* 1 sdt minyak wijen
* Garam
* 200 ml air

Cara membuat:

  1. Beri potongan ikan dengan air jeruk lemon, garam, dan merica. Diamkan selama 5 menit. Tiriskan dan keringkan dengan tisu.
  2. Goreng sampai matang. Tiriskan dan taruh di atas kertas penyerap.
  3. Panaskan hotplate. Beri 1 sdm minyak goreng.
  4. Masukkan irisan bawang bombai dan irisan cabai kering. Kalau sudah harum, letakkan ikan yang sudah digoreng di atasnya.
  5. Siram dengan kuah gong bao/kung pao yang sudah dipanaskan. Taburi dengan daun bawang. Sajikan segera.
  6. Bumbu gong bao/kung pao (sebaiknya dibuat lebih dulu): Tumis bawang putih dan cabai kering sampai harum. Masukkan semua sisa bahan. Didihkan. Koreksi rasanya.

Untuk 8 porsi

Fakta gizi per porsi

* Kalori          139 kal
* Protein           13,2 g
* Lemak             4,7 g
* Karbohidrat      6,9 g
* Kolesterol      23 mg
* Serat              0,2 g

sumber: http://intisari-online.com/home/read/139/kerapu-hotplate-saus-pedas

Baked cheesy Kerapu

Hidangan iniuntuk 4 porsi sehat. dapat disajikan dengan nasi dan brokoli atau asparagus. Kentang adalah pelengkap juga. Roti panggang roti gandum dan sajikan. Hmm…saya prefer yang ini deh…seasoning less, hehehe..ada keju pula, ah tp viti ga bole keju khaannn..??

4 – 4oz.fresh kerapu fillet
1 / 4 cup mayo cahaya
2 sampai 3 Tbs. dari keju parmesan parut
1 Tbs. daun bawang segar
1 sdt. Worcestershire saus atau anggur putih

cara:

sirami baking pan dengan cooking spray Pam taruh fillet kerapu di wajan.
Dalam mangkuk kecil, aduk bersama-sama mayo, keju, daun bawang, dan saus Worcestershire.
oleskan mayo campuran di atas fillet kerapu.
Panggang dalam suhu 450 derajat F selama 4 sampai 6 menit.
cobain pake garpu buat testingnya.
Sajikan dengan nasi dan brokoli.

Manfaat Kesehatan:
Sebuah sumber yang sangat baik protein, rendah lemak dan natrium,
kerapu adalah ikan kaya gizi.Seekor ikan air dingin yang direkomendasikan karena tingkat tinggi omega 3 asam lemak
dan fakta bahwa ia menyediakan satu hari penuh vitamin  D

sumber: http://www.fitness4her.com/id/cheesy-baked-grouper/

Nah, ini dia Kerapu terakhir yang saya makan, the expensive one, makasih yaaa buat yg udah naktir gw, mudah-mudahan ga kapok deh, 3 tahun sekali khan?? ^_^ emang udah dibuat jadwal gtu ya…. hihihi, ternyata itu harganya dihitung per ons yaaa…..hihihii…

Saya doain mudah-mudahan kamu diberikan berkah yg banyak n sakitnya cepet sembuh apapun itu, take care…jangan disepelein ya penyakitnya.., saya boong waktu bilang makanan itu rasanya aneh, sebenernya enak banget ko, palagi yang dibungkus kulit lumpia itu loh, rasanya eksotis, xixxi… maksudnya oriental banget, suka-suka…jangan ngetawain yak!!

Kerapu dua rasa katanya, yang bikin gw aneh adalah, yang dibumbu asam manis warna merahnya sedikit aneh, kek dikasih pewarna gitu, ntahlah, sama seperti warna kulit pangsit udang goreng nya, karena rasa ga bisa boong, nah kalo yang asam manis gw pikir itu dari strawberry…kaliiii…ni di futu nyah…., bukan hasil jepretan gw…lupa, gw mixing ma yg mentahnya :D

Leave a Reply

